Setetes Air Mata Usaha Dengan Domain

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih  untuk seluruh bentuk pelayanan yang diberikan, sekaligus selamat ulang tahun , semoga Tuhan senantiasa menambah kesuksesan, kejayaan dan bimbingan terbaiknya agar bisa mendunia. Amiin. 

Sejatinya saya agak malu ketika harus berperan serta dalam acara blog yang diadakan dalam rangka perayaan pasar hari jadi yang kesebelas ini.Rasa malu itu lahir karena saya merasa belum sukses , sementara tema yang diangkat “Cerita Sukses Bersama ”.

Jujur saja rasa malu itu demikian tinggi , bukan karena takut kalah atau tidak terpilih menjadi salah satu pemenang di akhir acara, namun rasa malu itu akibat beberapa faktor pribadi seperti ketidakmampuan diri dalam mengembangkan segalanya jadi buah kesuksesan. 

Lalu mengapa saya mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta, apakah ada hal lain yang mengubah keputusan akhir untuk mengikuti event special ini ? Setidaknya hal hal berikut telah meyakinkan saya untuk membagikan satu kisah nyata yang saya capai bersama: 

Pertama, saya mencoba masuk ke satu pasar online yang secara kebetulan memiliki tingkat persaingan tinggi. Sudah ada 9 pemain lama yang selalu menguatkan diri untuk mempertahankan usahanya pada bidang yang mereka tekuni. 

Bisa saya katakan pasar itu akan susah dimasuki oleh pemain baru karena akan menguras banyak waktu dan biaya yang tak sedikit. Mengapa saya nekad masuk dan sok sok’an bersaing dengan pemain lama yang sudah sangat tangguh ? Jawaban ada point kedua ; 

Kedua, Tuhan menakdirkan dan telah membisikkan hal penting , bisikan itu kemudian muncul menjadi satu promo domain murah untuk kategori top level domain international maupun domain domain Indonesia. 

Saya mencoba mengecek ketersediaan salah satu domain, alkhamdulillah domain masih bisa didaftarkan. Tanpa banyak pertimbangan, saya langsung melakukan order melalui pola pendaftaran yang diberlakukan segera melakukan pembayaran dan langsung menelpon bagian customer care untuk melakukan konfirmasi. 

Jujur saja saya paling tidak suka dengan pelayanan lambat , utamanya untuk masalah pembelian domain, sebab saya pernah punya pengalaman buruk ketika membeli domain di salah satu penyedia lain ( mohon maaf tidak bisa saya menyebutkan disini ) . 

Domain sudah dibayar, sudah dikirimkan bukti pembayaran, sudah ditelpon berulang ulang , namun belum juga diaktifkan hingga akhirnya domain itu didaftarkan orang lain pada tempat terpisah.Benar benar berbeda, saya masih ingat bagaimana bagian billing sangat care, ibarat website maka mereka sudah responsive dan selalu bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang berbeda beda. 

Saat itu saya tak menunggu lama setelah melakukan konfirmasi, karena aktivasi domain kurang dari 5 menit sejak saya melakukan konfirmasi . Terima kasih untuk kecepatan layanan Anda yang mengagumkan, sebab itu berpengaruh besar pada langkah saya di point ketiga ; 

Ketiga, setelah domain aktif, saya segera menyusun strategi untuk masuk ke pasar dengan persaingan tinggi. Saya tidak berfikir apakah nantinya bisa masuk kesana atau tidak , satu satunya yang saya lakukan adalah mencoba dengan memberikan kepercayaan penuh kepada Alloh SWT bahwa semua usaha tak ada satu pun yang sia sia. 

Perlahan tapi pasti, domain itu saya ubah menjadi website dengan desain sangat sederhana sekali, mulai saya isi dengan penjelasan penting mengenai hal yang saya tawarkan kepada calon pengguna.

Bahkan bagi web desain professional akan memandang kalau itu website yang tak berguna atau tidak punya nilai sama sekali. Tetapi apakah benar begitu ? Tuhan Maha Tahu kawan…. Point keempat menjelaskan sedikit mengenai nilai website itu ; 

Keempat, diluar dugaan , domain yang saya beli dengan usia kurang dari 1 tahun, sudah mampu meraih posisi bagus di google maupun yahoo dan bing, sekaligus mesin pencari dari Rusia yang bernama Yandex. 

Saya tidak mengincar kata kunci tertentu, karena saya membangun website itu untuk melayani calon konsumen, bukan untuk melayani mesin pencari. Mengapa tidak membangun website dengan kata kunci tertentu, bukankah akan sulit ditemukan ? Tidak , ini jawabanya ; 

Kelima, saya mendapatkan calon konsumen justeru pada kata kunci yang sulit ditebak, meski saya bisa menunjukkan pada persaingan pasar yang saya maksud di atas. Konsumen itu hadir ke website yang saya kelola , beliau langsung mengirimkan pesan yang berisi pertanyaan atas layanan yang saya tawarkan. 

Keesokan harinya konsumen itu menelpon dan saya pun mendengarkan kebutuhan utama yang dikehendaki oleh beliau sampai kemudian beliau meminta saya untuk bertemu secara tatap muka di dunia offline. Keputusan penting berada di point ke -6 ; 

Keenam, Beliau mengajak saya makan bersama sambil membahas rencana dan strategi, obrolannya sangat ringan hingga tak terasa pembicaraan sudah berlangsung selama 3 jam. Lewat pertemuan itu ,beliau setuju dengan tawaran saya dan siap memberikan kepercayaan penuh selama satu tahun untuk mendukung promosi produk yang dijual oleh beliau. (Ya Alloh … terima kasih atas karuniaMu ini)… itulah suara hati saya saat itu hingga berlanjut pada tindakan ketujuh ; 

Ketujuh, saya mulai melaksanakan rencana sesuai kesepatakan dengan beliau , 1, 2,3 bulan hampir saja mengalami kegagalan, hingga saya benar benar merasa sangat bersalah. Saya datang ke rumah beliau untuk menyampaikan hasil yang belum sesuai harapan. Jawaban beliau pada point kedelepan benar benar membuat saya terharu. 

Kedelapan, “Tidak apa apa mas, sebenarnya belum gagal, karena saat ini saya jadi memiliki relasi baru dengan bantuan strategi anda, mereka memang belum jadi pelanggan, tetapi saya yakin besok akan menjadi pembeli setia”. Sungguh jawaban itu membuat saya memberi respek yang lebih tinggi lagi dan memperkuat tekad untuk berhasil. Sinar terang akhirnya datang di point kesembilan ; 

Kesembilan, sekitar setengah bulan kemudian sejak saya berkunjung langsung ke kediamannya, beliau menelpon dan menyampaikan kabar gembira kalau hari itu ada 3 pelanggan baru yang memakai produk beliau dengan nilai transaksi yang sangat fantastis. Saya pun ketiban bonus pulsa senilai Rp.200.000,00 meski tak memintanya, tahu tahu pulsa sudah bertambah dan ada sms dari beliau. 

Kesepuluh, dengan ijin Alloh , melalui domain yang saya beli itu, saya bisa membelikan sepeda anak yang cukup bagus untuk putri tercinta dan perlengkapan sekolah di tahun ini. 

Kesebelas, Hanya beberapa patah kata :Terima kasih, ini bukan cerita sukses, hanya kisah nyata yang saya alami bersama domain yang pernah saya pesan. Selamat ultah yang ke-11 sebagaimana point ini dibuat menjadi 11x. Terima kasih.